Leave a comment

CARA MENULIS BLOG DENGAN BAIK DAN MENYENANGKAN

Tips Menulis Blog Untuk Anda Yang Bertanya-tanya “Bagaimana Cara Menulis di Blog?”

 

Writing Tips by npcross

Anda yang baru mulai ngeblog, biasanya memiliki pertanyaan ini: “Saya sudah memiliki blog, namun saya bingung mau menulis apa? Bagaimana sih cara menulis untuk blog?”

Untuk pertanyaan “bingung mau menulis apa di blog?”, jawabannya sederhana:

Anda dapat menulis apapun yang terpikir dikepala di blog anda. Mulai dari issue politik yang tengah panas, berbagi pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu, menyuarakan pendapat tentang apa yang tengah anda rasakan, curhat, hingga pengalaman yang untuk sebagian orang tidak penting namun untuk anda sangat memorable seperti “kemarin saya ngupil dengan jari kelingking berlumuran tinta”. Anda bisa menulis apapun di blog anda, apapun yang ada di pikiran anda (sesuai dengan tujuan blog anda), namun dengan tetap memperhatikan etika yang berlaku y. Jangan sampai anda di jerat hukum karena berpendapat tidak sesuai aturan

Untuk pertanyaan “bagaimana sih cara menulis blog?”, anda bisa mulai dengan:

Tentukan Topiknya terlebih dahulu

Tentukan apa yang ingin anda tulis, agar tulisannya nanti fokus. Menentukan topik yang akan anda tulis bisa dilakukan dengan melengkapi kalimat-kalimat seperti ini:

“saya ingin bercerita pengalaman saya tentang…” atau “saya ingin tulis mengenai cara …” atau “menurut saya, hal ini seharusnya begitu…” dll sebagainya.

Tulislah seperti anda sedang mengobrol

Setelah menentukan topik, mulailah menulis! tulis apa saja yang melintas dikepala anda. Tulis seperti anda tengah meng-obrolkan topik yang tengah anda pilih tadi dengan seorang sahabat baik anda. Nanti setelah ditulis, baru anda edit: bagian mana yang bisa dipotong agar lebih efisien, bagian mana yang bisa anda tambah informasi agar menjadi lebih jelas.

Gunakan gaya menulis anda sendiri

Tidak ada aturan baku dalam menulis blog. Bebas! Gaya humor hiperbolis seperti Raditya Dika, menggunakan segunung kosakata slang, atau bahkan menulis dengan taqlid mengikuti ejaan yang disempurnakan seperti Oom Ikhlasul Amal? Bisa saja! Mana-mana yang nyaman untuk anda lah. Ini blog, bukan makalah kuliah anda!

Tulis seefisien mungkin

Dunia hari ini dibanjiri informasi. buat entri post anda seefisien mungkin. Kalau bisa menyampaikan informasi dengan post sepanjang 300 kata, tidak usah menulis post sepanjang 2000 kata. Pengunjung malas membacanya nanti.

Jadilah diri sendiri

Jangan menjiplak gaya seseorang. Terpengaruh sih tidak masalah, tapi kalau menjiplak? Come on.. semua orang dan karya besar itu orisinal!

Yap, itu dia tips menulis blog dari saya. Setiap orang pasti memiliki pengalaman berbeda-beda sehingga pandangan setiap orang mengenai cara menulis blog juga berbeda. Menurut anda, apalagi tips menulis blog yang perlu di cantumkan? Silahkan sampaikan melalui form komentar.

Enjoy!

Dapatkan update harian bloggingly GRATIS di RSS Reader anda! Subscribe sekarang RSS FEED BLOGGINGLY !

 

Sebagai seorang yang memiliki sebuah blog tentunya ada sebuah keinginan agar blog nya bisa bermanfaat dan di nikmati olehk para pengunjungnya.Hal ini tentunya akan menjadi kepuasan tersendiri bagi si pemilik blog tersebut apabila apa yang diharapkan bisa menjadi sebuah kenyataan.Dan untuk menjadikan keinginan tersebut bisa menjadi kenyataan,tentunya seorang blogger harus memiliki sebuah cara yang nantinya bisa diharapkan untuk bisa menjadikan blognya banyak di minati oleh para pungunjung,dan salah satunya adalah cara menulis artikel yang baik di blog.

 

Pada dasarnya intisari dari sebuah blog itu sendiri adalah sebuah artikel pada tulisan.Karena dari sebuah Cara Menulis Artikel Yang Baik membentuk  sebuah artikel menjadi menarik yang nantinya akan membuat sebuah blog menjadi lebih banyak di  minati dan dibaca oleh para pengunjungnya sehingga blog tersebut menjadi lebih populer tentunya.Di mata para pengunjung hal utama yang paling di nilai adalah hasi dari  Cara Menulis Artikel Yang Baik atau isi dari artikelnya,makna dari tulisan itu sendiri,serta tutur sapa yang membuat mereka lebih nyaman berada dan membaca tulisan di blog kita.Karena walaupun blog sudah didesain dengan tampilan yang semenarik mungkin,kalau tulisanya tidak mengandung makna yang berarti atau bahkan bisa di bilang sampah maka pengunjung akan enggan untuk berlama lama apalagi membaca artikelnya. Maka dari itulah sangat di sarankan untuk menulis artikel yang baik.

 

Pada saat ini tidak sedikit orang yang mempunyai keinginan untuk mempunyai sebuah blog tapi tertunda dengan alasan tidak bisa menulis.padahal logikanya apabila kita menulis suatu atikel yang baik itu sama hal nya kita sedang berbicara kepada seseorang dan itu artinya kita semua  bisa menulis artikel dengan baik,kecuali yang memang tidak bisa baca tulis …hehe. Karena menulis artikel yang baik tidak jauh berbeda dengan berbicara dengan orang lain seperti yang sedang saya lakukan sekarang seolah-olah saya berbicara dengan anda. Entah bahasanya indah atau tidak yang penting kita mau mencoba.Tulisan yang baik untuk suatu artikel adalah kalimat atau kata yang bagus untuk search engine dan bagus pula untuk pembaca.Seperti apa kalimat yang disenangi oleh search engine dan pembaca ?

 

Untuk Mesin Pencari atau yang lebih tekenal dengan sebutan  search engine sebenarnya tidak bisa menilai tatanan bahasa kita seperti apa, indah atau bagaimana. Yang dinilai Mesin Pencari adalah penempatan sebuah kata kunci atau sebutan bekennya keyword yang tepat. Oleh karena itu untuk membuat sebuah artikel agar  disenangi oleh Mesin Pencari, kita harus tau menempatkan keyword yang tepat terutama judul artikel. Setelah judul artikel usahakan menempatkan keyword pada paragraf utama.Contoh :

Kita akan membuat sebuah artkel dengan judul “Membuat Website Gratis”Pada paragraf pertama usahakan menempatkan kata yang digunakan sebagai judul pada salah satu baris kalimat. Dengan demikian apabila pengguna internet mengetikkan kata “Membuat Website Gratis” pada search engine maka artikel kita lebih gampang ketemu di Mesin Pencari. Walaupun belum tentu artikel kita berada pada halaman utama google karena banyaknya persaingan dengan keyword yang sama tapi saya jamin penempatan keyword yang tepat akan membuat posisi artikel kita LEBIH BAIK di search engine.

 

Di sisi lain artikel kita di mata pembaca,mereka dapat menilai tatanan bahasa yang telah kita tulis di blog kita, mudah dimengerti atau tidak. Pembaca tidak peduli tentang keyword. Yang mereka butuhkan adalah bagaimana mereka bisa mengerti maksud ataupun tujuan dari tulisan kita. Jadi alangkah baiknya kalau kita membuat artikel yang disenangi oleh search engine dan pembaca.Apabila  salah satunya tidak bisa terpenuhi tentu saja kurang maksimal.

 

http://suroda.blogspot.com

POST OLEH : itha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: