Leave a comment

JURNAL KEWIRASWASTAAN DAN USAHA KECIL

JURNAL KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL

Anda ingin punya usahA ? kebanyakan seseorang memikirkan dana nya? Dan bagaimana jika bangkrut? Stop keras!!!!!! Jika ingin membuat usaha jangan pernah memikirkan bangkrutnya dulu hal tersebut membuat kita takut untuk membuat usaha,

Tapi bagaimana dengan dananya?? Dengan memiliki usaha kecil anda tak perlu memikirkan keras dana besar, dilihat dana yang anda miliki untuk membuat usaha. Walaupun bukan usaha yang cukup besar dan anda harus mempunyai motivasi untuk membuat usaha besar setelah usaha kecil anda berhasil, ya memang tidak mudah untuk langsung sukses semua butuh proses. Seorang wirausaha pasti akan mengalami yang namanya pasang surut atau kebangkrutan tapi jangan pesemis biasanya kegagalan inilah yang menyebabkan semangat dan ingin bekerja keras dan supaya usahanya berhasil. Untuk memiliki usaha baik kecil maupun besar harus memiliki skala mikro, penting membuat sistemnya lho ! Biasanya sistem untuk usaha ini lebih dikenal dengan sebutan SOP.
SOP adalah Standart Operating Procedure yang kegunaannya untuk menyederhanakan berbagai pekerjaan dalam usaha. Selain itu SOP akan membuat tetap fokus pada pengerjaan dengan cepat dan tepat. Dengan SOP diharapkan usaha akan meraih keuntungan lebih besar, teratur,  meminimalisasi pemborosan, pencegahan kebocoran dan penyelewengan keuangan dan sebagainya.

Kegunaan pembuatan sistem dalam usaha :
1.    Usaha Lebih tertata
2.    Efisiensi dalam usaha
3.    Usaha lebih berdaya saing
4.    Siap dalam menghadapi peningkatan usaha
5.    Menuju usaha yang lebih profesional

Contoh usaha kecil warung makan, SOP diperlukan untuk penerapan manajemen usaha hanya saja di buat lebih detail formatnya. SOP yang dibutuhkan untuk usaha rumah makan antara lain, SOP stok bahan , SOP alur keuangan, SOP operasional sehari-hari, SOP aturan kerja untuk karyawan dan jenis SOP lainnya yang memang dibutuhkan untuk usaha ini.

Usaha rumah makan yang masih termasuk skala mikro atau kecil mungkin perlu mempertimbangkan kembali untuk membuat SOP dengan bantuan konsultan. Dengan bantuan konsultan pembuatan SOP memang dapat lebih optimal tapi tentunya akan mengeluarkan biaya jasa yang tidak sedikit. Solusi cerdas untuk membuat SOP adalah dengan mengerjakannya sendiri. Untuk itu Anda perlu belajar bagaimana membuat SOP yang tepat untuk masing-masing jenis usaha.

Cara Sederhana Membuat SOP :

1.    Anda dapat memulainya dengan membuat alur operasional usaha.
2.    Diteruskan membuat alur dalam bentuk bagan-bagan yang berurutan.
3.    Buat uraiannya untuk masing-masing bagan tersebut.
Dengan membuat SOP serta menerapkannya pada usaha Anda, diharapkan usaha akan berkembang dan senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: